9 Jenis Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner, Tinggi IQ Bukan Penentu Kecerdasan Seseorang!

gambar anak genius

Setiap orang tentunya memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Hal ini dapat diukur dengan seberapa tinggi skor IQ yang diraih ketika seseorang melakukan tes. Namun, memiliki IQ yang tinggi belum tentu membuktikan bahwa seseorang pintar.

Kalau di Sekolah, Orang yang dibilang cerdas adalah siswa yang rajin mengerjakan PR dan sering menjawab pertanyaan guru. Namun, ilmu semakin modern, akhirnya ditemukanlah jenis kecerdasan lain. Hal ini diungkapkan oleh Howard Gardner

Menurut Howard Gardner, Setiap orang memiliki kecerdasan dalam bidang-bidang tertentu. Dituturkan oleh JalanTikus.Com, berikut ini adalah beberapa jenis kecerdasan manusia menurut Howard Gardner :

1. Musical Intelligence

Kecerdasan ini membuat kita memahami nada, ritme, melodi, intonasi, dan puncak nada ketika mencerna suatu suara atau musik. Orang yang memiliki musical intelligence biasanya mampu mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati berbagai bentuk suara. Contoh sederhananya, ada seorang teman kamu yang langsung mengetahui kunci nada padahal hanya sekali mendengar.

2. Interpersonal Intelligence

Kecerdasan ini membuat seseorang dapat memahami perasaan sendiri & orang lain, menggunakan pengetahuan sebagai petunjuk atau pembimbing hidup, dan biasanya lebih suka menyendiri.

Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya berpengetahuan yang luas, pandai berkomunikasi, dan suka berkarya. Nah, apakah kamu termasuk didalamnya?

3. Linguistic Intelligence

Kecerdasan ini membuat kita pandai mengolah kata-kata untuk berkomunikasi. Orang yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya suka meyakinkan dan menghibur ataupun mengajar orang lain. Mereka juga suka untuk menulis, membaca, atau mengisi teka-teki silang.

4. Intrapersonal-Intelligence

Kecerdasan ini membuat seseorang mampu mengidentifikasi dirinya sendiri, mengerti dan peka terhadap perasaan orang lain. Mereka cenderung memiliki kelebihan pada dua sisi matang, yakni pribadi dan kemampuan. Nah, apakah kamu orang yang peka terhadap perasaan orang lain?

5. Natural Intelligence

Kecerdasan ini membuat kita mampu mengetahui dan memahami kondisi alam. Jadi, kalau kalian seorang pencinta alam, tandanya kamu memiliki natural Intelligence. Tidak sebatas mengetahui, tapi mereka lebih peka terhadap alam. Contohnya, menyirami tanaman dengan air karena tahu bahwa tanaman membutuhkan air untuk melakukan fotosintesis.

6. Logical-Mathematical Intelligence

Nah, apakah kamu suka dengan matematika? Kalau iya, berarti kamu memiliki Logical-Mathematical Intelligence. Kecerdasan ini mampu membuat seseorang berpikir sistematis, dedukatif dan indukatif, tanggap terhadap masalah, dan bekerja secara berurutan dan sistematis. Contoh, Programer, Akuntan, dan Ilmuwan.

7. Existential Intelligence

Kalau kamu sering bertanya-tanya tentang hal yang sulit dijelaskan, entah kepada orang lain maupun kepada diri sendiri. Berarti kamu memiliki Existential Intelligence. Orang yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya dapat menjawab suatu persoalan dengan jelas dan mendalam. Jadi, apakah kamu termasuk didalamnya?

8. Bodily-Kinesthetic Intelligence

Orang yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya suka olahraga, tidak bisa diam, dan menyukai sesuatu yang berkaitan dengan gerakan. Mereka juga mampu mengatur dan mengekspresikan gerak tubuh sebaik mungkin. Contohnya, penari, pesilat, atlet, dll.

9. Spatial Intelligence

Kecerdasan ini membuat seseorang memiliki kepekaan yang tajam terhadap visual, keseimbangan, garis, warna, bentuk, ruang, mampu membuat sketsa yang jelas dan mudah memperkirakan jarak dan ruang. Contohnya, arsitek, fotografer, desainer, dll.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "9 Jenis Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner, Tinggi IQ Bukan Penentu Kecerdasan Seseorang!"

  1. bener banget tuh iq cerdas tp sifatnya bodoh mah buat apaan gan gk kepake itu wkwkak

    BalasHapus