Cara Ampuh dan Efektif Menghilangkan Rasa Malas Ketika Bekerja dan Beraktifitas

gambar orang Malas

Setiap orang dimuka bumi ini pasti pernah merasakan malas, saya pun pernah, ketika sedang menulis artikel ini rasa malas saya sangat tidak bisa dihindari. Jadi, saya berusaha untuk tetap konsisten dan bersikeras untuk lanjut menulis artikel.

Nah, apa penyebab diri kita malas? Waduh, kalau dijawab singkat sih tidak bisa! Soalnya hal yang menyebabkan rasa malas datang banyak sekali. Kalau kamu seorang pelajar, pasti pernah merasakan malas ketika ingin menulis, membaca, dan beraktifitas. Iya bukan?

Biasanya penyebab rasa malas adalah ketidak adanya sikap konsisten terhadap sesuatu pekerjaan. Contoh sederhana, ketika kita ingin menulis sebuah puisi untuk persiapan tampil di panggung, saat menulis, kamu ragu dan berkata bahwa puisimu jelek, otomatis kamu malas dan akhirnya kamu minta buatkan kepada temanmu yang ahli. Ini namanya tidak konsisten.

Untuk mengatasi masalah seperti diatas, kamu butuh motivasi untuk menyemangatkan diirimu. Banyak kata-kata motivasi yang telah dibuat oleh para motivator didunia, kalau saya sih memiliki kata motivasi khusus yakni, 'Kalau mereka bisa, kenapa saya tidak bisa?'

Dengan kata-kata itu, saya tergerak untuk selalu berkarya dan tidak cepat menyerah. Kalau orang lain bisa, mengapa saya tidak? Padahal semua orang memiliki kecerdasan yang sama.


Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa malas dalam segala hal :

1. Menata Hidup dan Mendisiplinkan Diri

Hasil gambar untuk menata hidup

Cara yang paling awal untuk menghilangkan rasa malas adalah menata hidup. Disini kamu akan memulai dari awal dan memperbaiki pribadimu. Kondisi lingkungan yang berantakan juga akan membuat kamu muak dan malas untuk beraktifitas. Misal, setelah bangun tidur kamu tidak membereskan tempat tidur, tidak membereskan ruangan, dan dokumen yang berantakan.

Jadi, perbaiki kondisi lingkungan sekitarmu. Buatlah jadwal yang berisi rangkaian kegiatan yang kamu harus lakukan. Jika anda melanggar atau tidak melakukan aktifitas sesuai jadwal, hukumlah dirimu! Misalnya dengan menyapu halaman hingga bersih, atau semacamnya. Lama kelamaan kamu akan menjadi orang yang disiplin, akhirnya rasa malas pun hilang.

2. Jangan Selalu Duduk ataupun Berbaring di Sofa

Hasil gambar untuk aktifitas

Bila masih ada pekerjaan yang belum selesai, maka cepat selesaikan. Jangan sesekali istirahat dengan berbaring di sofa, apabila pekerjaanmu belum selesai! Ini akan mendorong kamu agar tidur dan akhirnya pekerjaan masih numpuk dan ditinggal begitu saja.

3. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Hasil gambar untuk aktifitas

Olahraga dipagi hari dapat membuat kamu lebih semangat untuk menjalankan aktifitas. Tidak perlu yang berat, cukup berlari-lari saja mengelilingi halaman rumah. Olahraga juga akan membuat rasa malas sirna.

Maka itu, mulailah dari sekarang untuk sering berolahraga. Cukup 15 menit saja setiap hari, apabila tidak ingin bosan, variasikan dengan olahraga lain yang kamu sukai semisal renang, futsal, sepak bola, dan lain sebagainya.

4. Berikan Motivasi Untuk Dirimu

Hasil gambar untuk motivasi

Seperti yang sudah saya katakan diatas, motivasi itu penting untuk membangun semangat pada diri kita. Motivasi bisa datang dari mana saja, bisa dari teman, sahabat, orang tua, bahkan kekasih. Jadi, motivasikan dirimu apabila sedang dilanda kemalasan. Saya sudah mencobanya.

Ketika saya dilanda rasa malas, saya ingatkan diri saya dengan beberapa kata motivasi. Setelah itu rasa malas pada diriku hilang, dan langsung melanjutkan pekerjaan. Dengan itu, lambat laun rasa malas pada dirimu akan hilang, dan akhirnya kamu bisa mengerjakan sebuah pekerjaan dengan ikhlas dan sukarela.

5. Kerjakan Hal yang Sulit di Pagi Hari

Hasil gambar untuk beraktifitas pagi hari

Pagi hari adalah waktu dimana otak masih fresh dan berkonsentrasi tinggi. Tubuh kita pun masih segar bugar. Biasakan ketika bangun pagi langsung mandi, sarapan, dan kerjaka hal yang sulit,  jangan sampai ditunda hingga siang hari!

Jika pekerjaan terus ditunda-tunda, maka pekerjaan akan semakin banyak dan menumpuk, ujung-ujungnya anda akan malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi, sesegera mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan. Apabila pekerjaan telah selesai, maka kamu bisa istirahat apabila tidak ada tugas lain.

6. Berikan Apresiasi Kepada Diri Sendiri

Berikanlah sebuah hadiah pada diri anda apabila dapat mengerjakan sebuah pekerjaan tanpa rasa malas. Semisal ketika anda berhasil melakukan aktifitas sesuai jadwal yang ditentukan, tidak perlu repot-repot untuk membuat hadiah, cukup berikan selamat kepada dirimu karena berhasil menjadi pribadi yang disiplin.

Janjikanlah diri anda dengan hadiah yang menarik, contohnya " saya akan memberikan saya smartphone baru dengan spesifikasi tinggi apabila berhasil mengerjakan pekerjaan sesulit ini!".

7. Hilangkan Rasa Kantuk

Hasil gambar untuk ngopi

Rasa malas biasanya datang ketika kita mengantuk. Mengantuk adalah sebuah kondisi ketika kita sangat ingin tidur. Nah, cara untuk menghindari diri dari rasa kantuk adalah dengan doping. Doping yang dimaksud bukan obat-obatan, tapi kamu bisa doping dengan kopi. Kopi memang terbukti dapat mencegah diri kita untuk mengantuk.

8. Relaksasi

Hasil gambar untuk relaksasi

Sesekali kita bisa melakukan relaksasi untuk mengatasi rasa penat setelah lama bekerja. Kamu bisa melakukan relaksasi selama beberapa menit saja. Contohnya mendengarkan lagu jazz atau alunan saxophone, jalan-jalan di taman yang udaranya sejuk, atau diam sejenak sambil membayangkan hal-hal yang segar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Ampuh dan Efektif Menghilangkan Rasa Malas Ketika Bekerja dan Beraktifitas"

  1. Niat pastinya gan,gw jga sering ngerasa gitu ,tapi mikir lagi kalo males" gini terus kapan mau sukses hehe

    BalasHapus